Skip to content

Gerhana matahari: Momentum Muhasabah, Umat Dianjurkan Shalat Kusuf

January 14, 2010

JAKARTA–Esok (15/1) diduga akan terjadi fenomena alam yang sangat menakjubkan, yaitu Gerhana Matahari. Untuk itu umat Islam dianjurkan menjadikan momentum fenomena alam luar biasa tersebut sebagai momentum muhasabah atau introspeksi diri. Umat juga dianjurkan untuk melaksanakan Shalat Gerhana Matahari sebagaimana diajarkan oleh Rasulullah SAW. Ini ditegaskan KH M Natsir Zubaidi, Sekjen Dewan Masjid Indonesia (DMI) dalam perbincangan dengan Republika di Gedung MUI Jakarta, Kamis (14/1).

”Sebagaimana dilakukan oleh Rasulullah SAW, hendaknya umat menunaikan shalat gerhana matahari. Umat juga diharapkan menjadikan fenomena alam ini sebagai wahana muhasabah atau introspeksi diri,” tandas kiai Natsir. ”Tariklah fenomena alam ini sebagai i’tibar,” tambahnya.

Menurut kiai Natsir, muhasabah perlu dilakukan oleh semua umat, dari mulai Presiden, Wapres, para menteri dan para pejabat hingga umat di lapisan paling bawah atau grass root. ”Jadikanlah ini sebagai ajang evaluasi diri untuk melakukan perbaikan dan menjadi yang lebih baik di masa-masa mendatang,” tandas kiai Natsir.

Sumber: republika

Subhanallah…fenomena yang sangat menakjubkan merupakan bukti-bukti ayat-ayat Allah. Sudah selayaknya sebagai umat muslim memanjatkan pujian atas kebesaran-Nya…Subhanallah wabihamdi..subhanallahiladzim..Allahu Akbar..

Sebagai bahan potret diri, silahkan download tools nya di sini

No comments yet

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: